PDF Stata

Ketika membeli Stata, kita akan mendapatkan akses dokumen pembelajaran tentang Stata. Dari materi bagaimana menggunakan Stata secara umumnya sampai cara melakukan analisa statistik. Semua dokumen ini dalam bentuk PDF yang dengan mudah bisa diakses langsung di aplikasi Stata melalui menu bar Help > PDF Documentation. Jika kita mengalami masalah, kita bisa menggunakan menu bantuan melalui menu bar Help > search.

Selain itu kita bisa juga mengakses nya melalui PDF Viewer. Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa menjadi pilihan:

  1. PDF-XChange Editor
  2. Foxit Reader
  3. Adobe Reader

Menurut StataCorp, PDF-XChange Editor dan Foxit reader paling sesuai untuk aplikasi Windows. Jika menggunakan Adobe reader ada beberapa hal yang perlu desesuaikan.

Kita perlu memastikan hal ini sudah tercentang artinya sudah digunakan

  • Show page navigation tools > previous page & next page

Untuk memudahkan kita kembali ke halaman sebelumnya tau berpindah kehalaman berikutnya tanpa harus scroll sampai halaman berakhir

  • Show page display tools > single page view
  • Show select & zoom tools > fit width

Untuk memastikan kita tidak perlu menggeser halaman ke kiri dan kanan ketika membaca. Sehingga mempermudah saat melakukan pembacaan.

Mac hanya memiliki pilihan aplikasi Adobe reader saja untuk bisa membuka PDF Stata langsung ke spesifik halaman yang dibutuhkan. Tetapi tetap ada beberapa hal atur untuk Mac ini yang bisa dilihat disini.