Menu bantuan di Stata (2)

Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas secara singkat tentang menu bantuan di Stata ketika kita mengalami masalah dan membutuhkan bantuan. Sesungguhnya fasilitas bantuan (Help) pada Stata memiliki banyak fungdi. Hal ini terlihat ketika kita menuju toolbar Help.

Jika kalian pertama kali menggunakan Stata,toolbar Help > advice atau command help advice bisa digunakan. Dan Stata akan memberikan informasi langkah-langkah untuk mencari topik atau perintah yang bisa digunakan di dalam Stata.

Selain melalui toolbar Help > Search, kita bisa menggunakan command search diikuti dengan kata kunci yang ingin dicari. Baik command help ataupun search akan menampilkan informasi yang berguna untuk membantu kita lebih mengerti tentang Stata.

Tetapi jika ingin mencari pembahasan tentang Stata melalui net resource, maka command yang digunakan adalah net search diikuti dengan kata kunci yang ingin dicari.

Contoh saya mencari tentang SEM (Structural Equation Modeling), maka pada command window saya bisa menulis salah satu di antara perintah ini

help sem
search sem
net search sem

Maka Stata akan memberikan hasil pencarian seperti dibawah ini

Help langsung memberikan informasi mengenai keyword yang dicari
Search akan memberikan beberapa pilihan dokumen yang memberikan informasi mengenai keyword yang dicari. Jika dilihat sampai bawah (scrolldown) maka terlihat pilihan yang diberikan tidak hanya dari dokumen Stata saja tetapi ada juga dari buku, video, blog, FAQ dan web source lainnya.
Net search akan memberikan hasil pencarian langsung pada result pane.
Jika tidak terhubung dengan internet maka net search ini tidak bisa dilakukan.

u4