TechTip

Manipulasi data – membuat variabel baru (2)

Seperti yang kita ketahui pada artikel sebelumnya , dengan command generate kita bisa membuat variabel baru di Stata. Kita bisa membuat varibel baru yang berisi variasi acak selama interval tertentu. Hal ini bisa dilakukan dengan menambahkan fungsi runiform() atau runiformint(a,b).

Contoh pemakaian, kami menset obsevation 100. Lalu membuat variabel baru, dibawah ini kami berikan dua hasil generate yang dikeluarkan Stata untuk menunjukkan bahwa hasilnya random, tidak selalu sama.

generate varA = runiform()

Secara alami runinform() akan membuat variabel antara 0-1. Kecuali jika kita mengaturnya.

generate varA = runiform(1000,1500)

Berbeda dengan runinform,untuk command runiformint harus diberikan spesifik interval yang diinginkan. Jika tidak maka akan muncul informasi kesalahan “invalid syntax”. Dengan runiformint kita bisa menggunakannya untuk membuat variabel dalam bentuk integer. Contoh ketika digunakan untuk membuat variabel baru berkaitan dengan tanggal dan waktu.

Contoh 1: membuat data berisi tanggal dan waktu

generate data = runiformint(tc(1jan1900 00:00),tc(31dec1999 23:59))
format data %tcDD_Month_CCYY_HH:MM
list data in 1/10

Contoh 2: membuat data berisi tanggal saja

generate date = runiformint(td(1jan1900),td(31dec1999))
format date %tdDD_Month_CCYY
list date in 1/10

Perlu di ingat untuk tanggal dan waktu kita perlu mengatur formatnya kembali agar memudahkan kita membacanya. Jika tidak maka yang dihasilkan adalah barisan angka saja seperti contoh dibawah ini.

Untuk lebih detail pengaturan waktu di Stata bisa dilihat di artikel ini.

Source