TechTip

Menggunakan singkatan pada Stata

Menggunakan singkatan (abbreviations) untuk perintah bisa dilakukan di Stata. Walaupun terkadang kita menghindarinya agar membuat pembacaan ulang perintah-perintah tersebut dikemudian hari atau oleh orang lain bisa dilakukan dengan mudah. Penyingkatan ini bisa dilakukan untuk command, variabel, nama dan opsi.

Contoh ketika memasukkan perintah

summarize myvar, detail 

bisa disingkat menjadi  

sum myv, d

Kita bisa menyingkat sampai hanya satu huruf awalan saja yang digunakan. Untuk mengetahui perintah tersebut bisa di singkat menjadi apa bisa kita lihat pada penjelasan di menu help Stata. Biasanya di tandai dengan adanya garis bawah, jika tidak ada maka tidak bisa di singkat. Biasanya hal ini karena perintah tersebut tidak mudah dibatalkan maka tidak boleh disingkat, seperti clear, drop, replace.

1. Command 

regress rename replace rotate run

Command replace tidak memiliki garis bawah sehingga tidak boleh disingkat. 

Command regress memiliki beberapa opsi untuk menyingkat, regress bisa disingkat menjadi reg, regr, regre, ataupun regres

2. Option

summarize …, detail format

Opsi detail bisa disingkat menjadi d, de, det, …, detail. Begitu juga opsi format bisa di singkat menjadi f, fo, …, format.

dalam bentuk lebih singkat maka perintah yang diberikan menjadi

su ,d f

3. variable

Untuk variabel bisa disingkat menjadi yang paling pendek. Contoh kita menggunakan variabel state, mrgrate, dvcrate, and dthrate, maka kita bisa menyingkat dvcrate menjadi dvcrat, dvcra, dvcr, dvc, or dv.

Berikut beberapa contoh detail yang terlihat pada dokumentasi Stata.

generate bisa disingkat menjadi g, tetapi replace tidak bisa