TechTip

Do-file editor – Column Mode Selection

Dalam menggunakan Do-file editor terkadang ketika membuat kumpulan perintah ataupun memasukkan tabel data kita membuat kesalahan. Dan bukan kesalahan seluruhnya, hanya sebagain kolom data saja yang ingin diubah.

Ketika kita ingin memilih bagain mana yang ingin diubah umumnya yang akan terpilih adalah keseluruhan kolom. Dengan column mode selection atau memilih mode tertentu kita bisa memilih berdasarkan kolomnya saja. Saya coba jelaskan langsung dengan contoh. Sebelumnya perlu diketahui untuk setiap operating system mungkin berbeda, berikut yang saya ketahui:

  •  Microsoft Windows: tekan tombol Alt pada keyboard 
  • Macintosh OS X: tekan tombol Option pada keyboard
  • Linux: tekan tombol Ctrl pada keyboard

 

Disini saya membuat beberapa data yang akan digunakan. Dan saya melakukan kesalahan dengan membuat kolom berat lebih dahulu dari tinggi. Pada mode biasa maka seluruh kolom yang akan terpilih (seperti gambar dibawah ini

 

Dengan mengaktifkan column selection mode maka saya bisa hanya memilih kolom Berat saja, dan memindahkannya ke sebelah kanan kolom Tinggi.

Kita bisa juga menambahkan tulisan langsung ke seluruh kolom yang dipilih. Seperti dilihat saya menambahkan satu kolom baru, kolom LP. Saya memblok sebagian data dan lalu mengisinya dengan “L”. Kemudian memblok sisanya dan mengisi dengan “P”.

Artikel ini di adaptasi dari TechTip SDAS