TechTip

Import Data SPSS pada STATA 16

Dalam melakukan penelitian pasti ada bagian untuk membaca data. Dengan import SPSS, impor data SPSS ke Stata bisa dilakukan. Baik untuk file IBM® SPSS® (Versi 16 atau yang lebih baru) dan compressed  IBM® SPSS® (versi 21 atau yang lebih baru). Bisa mengimpor seluruh dataset atau hanya sebagian saja. Tanggal, label nilai, dan data yang dipilih semuanya dikonversi dengan benar dari SPSS ke format Stata.

Kami mengambil contoh untuk menggunakan data dari General Social Survey (GSS) tahun 2018, dimana kami memilikinya dalam format SPSS (.sav). GSS mengumpulkan informasi demografis dan sosial ekonomi tentang individu dan juga mencatat persepsi mereka tentang masalah sosial, budaya, dan ekonomi.

Dataset yang kami minati adalah GSS2018.sav. Untuk membawanya ke Stata, kita buka kotak dialog dengan mengklik File> Impor> data SPSS (* .sav). Kami memilih dataset GSS2018.sav dan dapatkan

Kami sekarang dapat mengimpor semua data atau hanya sebagian.

Dalam hal ini, kami tertarik pada data tentang kepercayaan masyarakat terhadap berbagai institusi. Kami ingin melihat kepercayaan terhadap militer (KONARMI), bisnis dan industri (CONBIZ), Kongres (CONCONG), dan pengadilan dan sistem hukum (CONCOURT).

Perhatikan bahwa variabel memiliki nama huruf besar dalam file SPSS ini. Kami ingin semuanya dalam huruf kecil. Di bawah Variable case :, kami memilih opsi Lower.

Sekarang kita punya

Setelah mengklik OK, data kami ada di Stata dan siap untuk kami analisis.

Seperti biasa, kita bisa menggunakan baris perintah daripada kotak dialog. Inilah yang akan kami ketik:

. import spss CONARMY CONBIZ CONCONG CONCOURT using GSS2018, case(lower)

Referensi :

Stata.com

Order dan Upgrade Untuk Indonesia :

Telephone : +62818 687 419

E-mail : csc.curahanhati@gmail.com