TechTip

Menciptakan Menu STATA Anda Sendiri

Sistem menu Stata mengelompokkan perintah statistik dan grafik menjadi beberapa bagian. Walaupun pengelompokan ini cukup memudahkan Anda, namun itu bisa berarti bahwa Anda bergerak di antara banyak menu yang berbeda untuk melakukan perintah statistik dan grafik yang berbeda untuk analisis Anda. Jika Anda memiliki serangkaian perintah statistik dan grafik yang Anda gunakan secara teratur, Anda dapat membuat menu User Anda sendiri untuk mengelompokkan ini di satu tempat. Perintah untuk membuat menu Anda harus ditempatkan di file “profile.do” Anda di direktori “Stata 15”. Untuk mengubah “profile.do” Anda harus memiliki izin administrator. Menu pengguna pribadi berarti Anda hanya perlu pergi ke satu tempat untuk melakukan analisis.

PERINTAH DAN FORMAT PENGGUNAANNYA PADA COMMAND WINDOW :

window menu append item "menu_name" "entry_text" "command"
window menu append submenu "menu_name" "sub_menu_name"
window menu refresh

CONTOH :

Dalam contoh ini saya menggunakan perintah berikut untuk membuat submenu saya sendiri di bawah menu “User” Stata. Jika saya ingin menu ini ada di sana untuk setiap sesi Stata, saya harus menyimpan baris kode ini dalam file “profile.do” saya di direktori “Stata15” saya, yang terletak di “Program Files (x86)” di  Windows saya . Di “command window” STATa saya ketik perintah berikut:

window menu append submenu "stUser" "George"
window menu append item "George" "Describe" "describe"
window menu append item "George" "Summarize" "summarize"
window menu append item "George" "Auto Dataset" "sysuse auto, clear"
window menu refresh

 

Seperti yang Anda lihat, saya telah membuat submenu baru di bawah “User”. Anda dapat menambahkan perintah yang Anda suka, dan saya telah secara khusus menambahkan perintah untuk memuat dataset contoh Stata “auto.dta”.

TechTip ini di adaptasi dari TechnicalTips dari Survey Design and Analysis Services 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *